Penggabungan Badan-badan Karantina Dikaji Kementan

Kementan Kaji Penggabungan Badan-badan Karantina

Kementan Kaji Badan Karantina – Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan bakal lakukan kajian terlebih dulu berkaitan usulan penggabungan tubuh karantina dari sebagian kementerian.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan, pihaknya butuh lakukan kajian berbarengan dengan kementerian berkaitan, lantaran pada sekarang ini tubuh karantina juga dipunyai oleh dua kementerian lain. Mengenai kementerian itu yaitu Kementerian lingkungan hidup serta Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP).

” Kami kaji dahulu berbarengan dengan kementerian berkaitan, di buat kajian baru ditetapkan kelak, ” tutur Amran di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Komisi IV DPR sebagai mitra kerja Kementan memohon kajian pada penggabungan tubuh karantina dikerjakan dalam dua bln. ke depan, supaya tak menghalangi kemampuan DPR dalam bikin Undang-undang. Kajian itu mencakup, keperluan pegawai, biaya, fasilitas serta prasarana perkarantinaan.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Daniel Johan menerangkan, maksud penyatuan instansi karantina lantaran kehadiran karantina sekarang ini makin utama.

” Fungsi serta manfaat yang strategis dari Iembaga karantina untuk jadi penjaga gerbang paling utama (first defence line) pada keluar masuknya media pembawa penyakit baik dari hewan, ikan, ataupun tumbuhan mesti diperkuat serta ditingkatkan, ” terang Daniel.

Menurut dia, dengan diperkuat serta ditingkatkan bakal bikin karantina dapat berakselerasi dengan kebijakan pasar bebas, perubahan ilmu dan pengetahuan serta tehnologi.

” Termasuk juga antisipasi pada besarnya volume perdagangan, terutama bagian pertanian serta pangan Indonesia dengan negara lain, ” papar Daniel.

Diluar itu, Menurut Daniel, penyatuan atau pembentukan Tubuh Karantina Nasional adalah satu diantara referensi Ombudsman Republik Indonesia untuk menyiapkan kelembagaan yang mandiri, berdiri sendiri, serta otonom.

” Hingga dapat mengintegrasikan semua pemeriksaaan karantina (Pertanian, Kehutanan, serta Perikanan), ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *