PT BKI Dilimpahi Sertifikasi Keamanan Kapal oleh Kemenhub

Kemenhub Limpahkan Sertifikasi Ke PT BKI

Kemenhub dan PT BKI – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melimpahkan kewenangan kontrol manajemen serta piranti keamanan kapal atau statutoria pada PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Pelimpahan kewenangan itu terdaftar dalam kesepakatan kerja sama yang di tandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono dengan Direktur Paling utama BKI, Rudiyanto di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono menjelaskan, dengan pelimpahan ini BKI bisa keluarkan sertifikasi statutoria pada kapal-kapal Indonesia. Sertifikasi Statutoria sebagai sinyal kalau kapal itu sudah penuhi standard keamanan yang diputuskan.

” Kerja sama ini cukup strategis untuk dunia pelayaran di Indonesia. Terutama, dalam rencana tingkatkan jaminan keselamatan pelayaran nasional, ” tutur Tonny.

Mengenai ruangan lingkup dalam kesepakatan ini diantaranya, pendelegasian kewenangan untuk melakukan kesepakatan, survey, serta sertifikasi statutoria kapal berbendera Indonesia, pungutan tarif berkaitan penerimaan negara bukanlah pajak (PNBP), serta proses kewenangan yang sudah didelegasikan.

Tonny menjelaskan, ada 14 type kapal yang nanti disertifikasi oleh BKI. Penetapan 14 type kapal itu dikerjakan oleh Ditjen Hubla atas permintaan dari BKI untuk kapal-kapal general cargo berkegiatan internasional dengan berat diatas 500 gross tonnage (GT).

Tonny juga memberikan, pelimpahan kewenangan itu pada BKI lewat sebagian bagian. Satu diantaranya sistem penilaian atau assesment BKI oleh Tim Assesor dari Direktorat Perkapalan serta Kepelautan (Ditkapel) Ditjen Perhubungan Laut.

Disamping itu, Direktur Paling utama BKI Rudiyanto menyampaikan perseroan menyongsong baik pelimpahan kewenangan ini. Pelimpahan kewenangan ini, kata dia, sebagai support perseroan pada pemerintah dalam menggerakkan kewenangan dengan penuh tanggung jawab sesuai sama pekerjaan yang didapatkan.

Menurutnya, pekerjaan BKI dalam aktivitas statutoria diantaranya, keselamatan maritim, perlindungan pada lingkungan hidup serta kesejahteraan pelaut, pelaksanakan audit system manajemen keselamatan ataupun system manajemen keamanan kapal serta pelabuhan.

” BKI senantiasa mensupport pemerintah selalu untuk bersinergi memberi peran positif supaya Nawacita Nasional dan Indonesia sebagai poros maritim dunia semakin menguat serta terwujud lewat kolaborasi yang berlangsung di beberapa bagian bidang kemaritiman, termasuk juga keyakinan atas pemberian kewenangan statutoria ini, ” tandasnya.

Baca juga :

Sebatas info, Statutoria adalah aktivitas survey, audit, serta sertifikasi pada system manajemen keamanan kapal untuk meyakinkan keselamatan penumpang serta awak kapal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *