Yayasan Danamon Sosialisasikan Sertifikasi Halal ke UKM

Yayasan Danamon Peduli Sosialisasikan Pentingnya Sertifikasi Halal ke UKM

Sosialisasi Danamon – Merujuk pada Undang-undang nomor 33 th. 2014 mengenai sertifikasi halal, bikin Yayasan Danamon Perduli yang dibuat oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk serta PT Adira Dinamika Multifinance mengadakan sosialisasi serta kursus sertifikasi halal untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) kuliner Kota Balikpapan.

Yayasan Danamon Peduli Sosialisasikan Pentingnya Sertifikasi Halal ke UKM
Yayasan Danamon Peduli Sosialisasikan Pentingnya Sertifikasi Halal ke UKM

” Lewat sosialisasi serta kursus sertifikasi halal, kami berharap dapat mendorong UKM kuliner Balikpapan untuk dapat masuk ke pasar global, ” kata Ketua Umum Yayasan Danamon Perduli, Restu Pratiwi di Balikpapan, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Restu, sosialisasi serta kursus sertifikasi halal ini mempunyai tujuan untuk memberi wawasan pelaku UKM mengenai utamanya product kuliner bersertifikasi halal.

Terutama, sampai sekarang ini baru sekitaran 168 perusahaan, termasuk juga pelaku UMKM yang mempunyai sertifikat halal di kota Balikpapan.

Terkecuali memakai syariat islam, sistem sertifikasi halal juga mempertimbangkan segi kesehatan, seperti kemurnian bahan baku, pemakaian pengawet yg tidak ramah kesehatan, bahan beresiko, pemakaian pewarna makanan serta minuman sampai pengawasan sistem yang higienis.

” Danamon Perduli mensupport penuh pencanangan Kata Balikpapan jadi satu diantara kota hahal di Indonesia, ” ucap Restu.

Direktur Instansi Pengkajian Pangan, Obat-obatan serta Kosmetika (LPPOM) MUI Kalimantan timur Sumarsongko memberikan, supaya proses ketentuan ini dapat digerakkan dengan baik di lapangan, memanglah telah sekarusnya dikerjakan sosialisasi serta kursus pada orang-orang terutama yang menekuni didunia usaha.

Sumarsongko juga menuturkan bagaimana utamanya mempunyai sertifikasi halal yang di keluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan bagaimana langkahnya mendapatkannya.

Baca juga :

” Prasyaratnya seperti foto copy KTP, bukti perizinan dari pemerintah, bila usaha yang agak besar miliki SITU SIUP, diluar itu berbahan mesti tercantum apa sajakah, kita saksikan langkah mereka masaknya dan keadaan lingkungannya, jadi semua mesti halal serta toyiban (higenis serta sehat), ” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *