Dana Alokasi Spesial 48 Daerah Terancam Hangus

Dana Alokasi Spesial 48 Daerah Terancam Hangus

Info DAK – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencairkan Dana Alokasi Spesial (DAK) Rp 15, 4 triliun hari ini. Tetapi pencairan dana itu cuma untuk 493 daerah. Menurut Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo, masihlah ada 48 daerah yang DAK-nya belum dicairkan oleh Kemenkeu.

Dana Alokasi Spesial 48 Daerah Terancam Hangus
Dana Alokasi Spesial 48 Daerah Terancam Hangus

Apabila sampai akhir Mei 2017 48 Pemda itu belum mengemukakan neraca keuangan, jadi DAK-nya di pastikan hangus.

” Kami juga proaktif, ” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (13/4/2017). Kemenkeu, papar Boediarso, bakal berusaha supaya 48 daerah itu segara menyerahkan laporan pelajari pemakaian biaya th. lantas. Begitu DAK dapat dicairkan.

Ia mengemukakan, Kemenkeu siap menolong beberapa daerah itu. Boediarso menyampaikan, tak semuanya daerah mempunyai kekuatan untuk bikin neraca keuangan yang baik. Laporan itu terbagi dalam realisasi penyerapan biaya serta realisasi capaiannya.

” Laporannya itu telah di buat gampang semuanya lantaran Pak Jokowi telah berikan mesti di buat sederhana. Serta semuanya telah elektronik jadi tinggal ngisi, ” kata dia.

Hari ini, Kemenkeu mencairkan Dana Alokasi Spesial (DAK) serta Dana Desa. Pada step awal, keseluruhan dana yang disalurkan sebesar Rp 28, 6 triliun.

Dana Rp 28, 6 triliun yang disalurkan hari ini terbagi dalam Dana Alokasi Spesial (DAK) sebesar Rp 15, 4 triliun, atau 87, 5 % dari pagu biaya triwulan awal Rp 17, 6 triliun. Sesaat bekasnya yaitu Rp 13, 2 triliun yaitu dana desa.

Baca juga :

Dana itu cuma 36, 7 % dari pagu biaya dana desa step awal 2017 Rp 36 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *