Hak Terima Subsidi Elpiji 3 KG Hanya 25, 7 Juta Warga

Hak Terima Subsidi Elpiji 3 KG Hanya 25, 7 Juta Warga

Info Subsidi – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyampaikan, berdasar pada catatan BI jumlah penerima subsidi yang betul-betul memiliki hak memperoleh subsidi Elpiji 3 kg (kg) cuma sekitaran 25, 7 juta penerima.

Hak Terima Subsidi Elpiji 3 KG Hanya 25, 7 Juta Warga
Hak Terima Subsidi Elpiji 3 KG Hanya 25, 7 Juta Warga

Angka itu kurang dari 1/2 jumlah penerima tabung Elpiji 3 kg yang meraih 57 juta.

Agus Martowardojo menyampaikan, pemakaian Elpiji untuk keperluan rumah tangga mulai sejak 2007 lantas lewat program konversi bahan bakar minyak ke gas adalah langkah mengagumkan.

Penghematan yang diakibatkan dari konversi itu, berdasar pada catatan BI, meraih Rp 197 triliun. Walau demikian, Agus memberikan, ada kekurangan dari program ini yakni skema penyalurannya yang memakai distribusi terbuka.

Mengakibatkan, subsidi yang didapatkan dari pemerintah untuk tujuan tak dapat, dapat di nikmati siapapun.

Atas basic itu, Agus begitu mensupport gagasan pemerintah terutama Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk merubah skema distribusinya jadi distribusi pas tujuan, lewat kartu.

Subsidi Elpiji 3 kg nanti tak diberikan pada harga, tetapi ke orang (segera ke penerima).

” Saat ini pertolongan subsidi bakal dikerjakan dengan subsidi konkret dari pemerintah berbentuk kartu yang dikombinasi dengan Kartu Keluarga Sejahtera, ” kata Agus Martowardojo dalam sambutan penandatangan Nota Kesepahaman pada BI serta Kementerian ESDM, di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Terkecuali bikin penyaluran subsidi jadi pas tujuan, pemberian subsidi lewat kartu itu akan mendorong inklusi keuangan orang-orang. Disamping itu, berkaitan dengan data penerima pertolongan sosial, Agus merekomendasikan kementerian/instansi merujuk pada data yang sama yaitu data di TNP2K.

” Karenanya juga telah dimutakhirkan datanya. Hingga bila kita menyampaikan Indonesia bakal memperhatiakn 40 % rakyatnya yang hidup dibawah kesejahteraan, nah ini mesti tentu (siapa 40 % itu). Tak lalu penerima berubah-ubah serta bakal munculkan inefisiensi, ” ucap Agus.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengemukakan, pada th. ini alokasi biaya untuk subsidi Elpiji 3 kg sebesar Rp 20 triliun. Distribusi pas tujuan mesti dikerjakan pemerintah.

” Sebab bila tak kami cemas perkiraan kami diakhir th. ini bakal bengkak jadi Rp 30 triliun. Bila dilewatkan, th. depan bakal jadi Rp 40 triliun bersamaan kenaikan harga LPG dunia, ” kata Jonan.

Baca juga :

Meski sekian, gagasan penyaluran subsidi Elpiji 3 kg lewat kartu ini masihlah menanti kesiapan jaringan serta restu dari Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution. Jonan mengharapkan gagasan ini dapat digerakkan 1 Januari 2018, atau paling lambat 1 Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *