Tiga Bidang Ekonomi Kreatif yang Tengah Naik Daun

Tiga Bidang Ekonomi Kreatif yang Tengah Naik Daun

Info Ekonomi – Sebagai tubuh yang mengatasi ekonomi kreatif di Indonesia, Tubuh Ekonomi Kreatif (Bekraf) dituntut untuk tingkatkan daya saing ekenomi kreatif nasional. Bekraf juga ditutuntut agar bisa jadi penggerak perekonomian Indonesia ke depan.

Tiga Bidang Ekonomi Kreatif yang Tengah Naik Daun
Tiga Bidang Ekonomi Kreatif yang Tengah Naik Daun

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengungkap, sekarang ini terdapat banyak bidang ekonomi kreatif yang tengah berkembang dengan cepat serta mempunyai potensi yang tinggi untuk diperkembang.

” Ada tiga bidang, awal fashion, kuliner, sama crafts (kerajinan tangan), itu telah besar serta kami ingin akselerasi, serta ada lagi sebagai prioritas ingin diperkembang yaitu games, aplikasi, musik, sama film, ” tutur Triawan Munaf pada Kompas. com, di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Terkecuali tiga bidang itu, Bekraf juga selalu berusaha tingkatkan kesadaran beberapa pemangku kebutuhan untuk mengerti begitu utamanya usaha berbarengan mendorong bidang ekonomi kreatif lain.

” Termasuk juga sub-sektor film, animasi serta video, design product, design komunikasi visual, tv, radio, musik serta penerbitan yang diinginkan yang akan datang bakal jadi satu diantara penggerak perekonomian nasional Indonesia, ” ungkap dia.

Setelah itu, Triawan Munaf menerangkan kalau sebagai tubuh yang baru dibuat dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bekraf selalu berupaya meningkatkan ekonomi kreatif dengan beragam pihak.

” Selalu jelas kami baru jalan efisien setahun, lantaran th. awal kami benar-benar membuat birokrasinya, strukturnya, ” kata Triawan.

Menurutnya, kurun waktu yang relatif singkat, Bekraf dengan cara perlahan-lahan dapat mengakselerasi ekonomi kreatif nasional, hal semacam itu tampak dari data ekonomi kreatif yang launching Tubuh Pusat Statistik (BPS).

” Namun telah mulai merasa perubahannya, tempo hari diukur oleh BPS, yakni ekonomi kreatif diukur kalau peran pada PDB naik penting, ” ujarnya.

Peran Ekonomi Kreatif Berdasar pada data Tubuh Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang bekerja sama juga dengan Tubuh Pusat Statistik (BPS) dalam publikasi ekonomi kreatif 2016 memberikan ada penambahan dari segi PDB bidang ekonomi kreatif.

Hasil data statistik ekonomi kreatif 2016 tunjukkan kalau dalam kurun saat 2010 sampai 2015, besaran PDB ekonomi kreatif naik dari 525, 96 triliun pada 2010 serta jadi 852, 24 triliun pada 2015 atau bertambah rata-rata 10, 14 % per th..

Sedang tiga negara maksud ekspor komoditi ekonomi kreatif paling besar pada th. 2015 yaitu Amerika Serikat 31, 72 % lalu Jepang 6, 74 %, serta Taiwan 4, 99 %.

Baca juga :

Untuk bidang tenaga kerja ekonomi kreatif 2010 sampai 2015 alami perkembangan sebesar 2, 15 %, di mana jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif pada th. 2015 sejumlah 15, 9 juta orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *