Cara Bedakan ” Money Changer ” yang Berizin dan Tidak Berizin

Cara Bedakan " Money Changer " yang Berizin dan Tidak Berizin

Money Changer – Bank Indonesia (BI) sudah lakukan penertiban pada money changer atau aktivitas usaha penukaran valuta asing bukanlah bank (KUPVA BB). Pasalnya, money changer atau KUPVA BB ilegal ini sering jadi fasilitas tindak pidana pencucian duit ataupun pendanaan terorisme.

Cara Bedakan " Money Changer " yang Berizin dan Tidak Berizin
Cara Bedakan ” Money Changer ” yang Berizin dan Tidak Berizin

Akan tetapi, untuk orang-orang, kerapkali sulit membedakan money changer atau KUPVA BB yang berizin serta tak berizin.

Diluar itu, orang-orang juga tidaklah terlalu tahu ketidaksamaan mendasar transaksi valas pada keduanya.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan serta Pengawasan System Pembayaran BI Eny V Panggabean menerangkan, customer biasanya tak perduli dengan KUPVA BB yang berizin serta tak berizin. Yang utama untuk mereka yaitu nilai tukat dengan kata lain rate yang murah.

” Sebagai customer umumnya tak perduli pada yang berizin serta tak berizin, yang utama murah, ” kata Eny di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Eny mengungkap, money changer atau KUPVA BB tak berizin umumnya tawarkan rate yang begitu murah. Bila telah begini, jadi harga market jadi rusak.

Mengakibatkan, money changer atau KUPVA BB berizin terasa persaingan jadi tak adil dengan KUPVA BB tak berizin.

Pasalnya, KUPVA BB yg tidak berizin tak melaporkan aktivitas usahanya pada BI. Oleh karenanya, Eny memohon orang-orang cermat serta cuma lakukan aktivitas jual beli valas pada KUPVA BB berizin.

Baca juga :

Untuk tahu, orang-orang dapat terhubung website resmi BI untuk lihat daftar KUPVA BB berizin. Sekarang ini, BI mencatat ada 1. 069 KUPVA BB yang tercatat serta mengantongi izin dari BI. KUPVA BB berizin diperlengkapi dengan nomor registrasi spesial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *